Pelatihan Pengelolaan Lingkungan Perkotaan Terpadu

Trainer utama:
Prof. Ir. Bakti Setiawan MA., Ph.D.

LATAR BELAKANG
Sejalan dengan percepatan urbanisasi dan perkembangan kota, persoalan lingkungan kota semakin meningkat dan kompleks. Kegagalan dalam mengelola lingkungan kota akan menyebabkan memburuknya kualitas lingkungan dan kehidupan kota. Kota yang buruk kualitas lingkungan dan kehidupannya, akan menjadi stagnan, tidak berkembang, dan tidak terjamin masa depan atau keberlanjutannya.

Selama ini, berbagai upaya pengelolaan lingkungan kota telah dilakukan akan tetapi tidak selalu berhasil dan menjadikan lingkungan kota semakin baik. Salah satu penyebabnya adalah tidak terpadunya berbagai upaya pengelolaan kota. Berbagai komponen lingkungan kota cenderung ditangani secara parsial dan tidak saling sinergis. Yang terjadi adalah kegagalan dan pemborosan yang tidak perlu. Diperlukan satu pendekatan dan strategi pengelolaan kota yang lebih terpadu, sinergis, dan efisien mengoptimalkan seluruh sumber daya kota yang ada. Pendekatan dan strategi pengelolaan lingkungan kota yang komprehensip akan menjamin keberlanjutan kota.

TUJUAN
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan pendekatan, strategis, dan program aksi untuk mengelola lingkungan kota secara terpadu. Beberapa aspek lingkungan seperti persoalan air bersih, limbah, perumahan, dan ruang terbuka hijau kota akan dibahas secara komprehensip  dalam pelatihan ini. Melalui diskusi teori dan kasus-kasus nyata, peserta akan mempunyai keyakinan yang lebih baik tentang bagaimana mengelola lingkungan kota dengan lebih baik dan terpadu.

KOMPETENSI
Peserta mengetahui dan mempunyai kapasitas yang lebih memadai dalam mengintegrasikan/memadukan berbagai upaya mengelola kota untuk mewujudkan kota yang berkelanjutan.

TARGET GROUP
Pejabat dan atau staf Bappeda, Dinas Tata Kota, Dinas PU, Dinas Pertamanan, Dinas/Kantor Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan baik tingkat Propinsi /Kabupaten/ Kota, LSM dan pihak-pihak yang terkait.

Persyaratan pendidikan minimal untuk peserta adalah S1

MATERI
Konsep dan Prinsip-prinsip Kota yang Berkelanjutan;
Indikator Kota yang Berkelanjutan;
Konsep dan Instrumen Pengelolaan Kota;
Kasus-kasus Pengelolaan Lingkungan Kota (Lapangan): Pengelolaan sampah, Pengelolaan air bersih dan sanitasi, Pengelolaan lingkungan perumahan kumuh dan Pengelolaan RTH;
Pada akhir kegiatan peserta melakukan diskusi dan presentasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s