Pelatihan Pelestarian Kawasan Pusaka (Tingkat Dasar)

1
Senin 4 Maret 2013 hingga Jumat 8 Maret 2013 lalu, Magister Perencanaan Kota dan Daerah, Universitas Gadjah Mada berhasil menggelar Pelatihan Pelestarian Kawasan Pusaka (Tingkat Dasar). Pelatihan diikuti oleh sepuluh peserta dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Pelatihan dibuka oleh Koordinator Program Pelatihan MPKD UGM, Ir. Kawik Sugiyana M.Eng., Ph.D dan ditutup oleh Prof. Bambang Hari Wibisana, Ph.D. selaku Ketua Pengelola MPKD UGM.

Pelatihan ini bertujuan untuk agar peserta
1)      Mengenal dan memahami tentang arti dan keragaman pusaka.
2)      Mengenal dan memahami  keunggulan pusaka serta upaya pelestariannya
3)      Mengenal dan memahami dasar konsepsi, strategi penyusunan dan gambaran menyeluruh Rencana Pengelolaan Pelestarian Kawasan Pusaka (RP2KP)

Di dalam pelaksanaan pelatihan peserta diajak untuk memahami dan mengasah kepekaan akan keragaman pusaka, keunggulan dan upaya pelestarian terhadap pusaka-pusaka di Yogyakarta selama melakukan kunjungan lapangan. Dengan latihan di Kawasan Prambanan dan Kota Yogyakarta, peserta berlatih mengidentifikasi jenis-jenis pusaka, perbedaan dan keunggulannya serta upaya-upaya pelestariannya. Setelah mendapatkan berbagai modul untuk lebih mengenal kawasan pusaka, peserta dilatih untuk dapat menyusun Rencana Awal Pengelolaan Pelestarian Kawasan Pusaka (dengan kasus Kotagede – Cluster Omah-Omah UGM: Gang Soka Tumenggungan.

Dalam kesempatan ini peserta pelatihan memperoleh bimbingan langsung dari Ir. Laretna T. Adishakti M.Arch., Ph.D. sebagai ahli pelestarian pusaka di Indonesia, selain fasilitator lain yang juga ahli dalam bidangnya seperti: Prof. Bakti Setiawan Ph.D., Ir. Titi Handayani M.Arch., DR. Dwita Hadirahmi serta DR. Amiluhur Soeroso.

2

About MPKDUGM

Program Pelatihan-Magister Perencanaan Kota dan Daerah merupakan wujud pendewasaan Magister Perencanaan Kota dan Daerah Universitas Gadjah Mada dalam memberikan kontribusi akademis pada masyarakat perencana di Indonesia dalam bentuk pendidikan perencanaan singkat (pelatihan-pelatihan).
This entry was posted in Artikel dan Informasi. Bookmark the permalink.

1 Response to Pelatihan Pelestarian Kawasan Pusaka (Tingkat Dasar)

  1. gun says:

    Tlg krimkan jadwal agenda pelatihan yg di tujukan kepada kepala bappeda kabupaten buton utara d email sy

Leave a comment