Pelatihan untuk alumni MPKD, perlukah?

alumni1.jpg

PELATIHAN RE-ENTRY dan RE-FRESH BAGI ALUMNI

Akhir-akhir ini berkembang wacana untuk menyelenggarakan pelatihan singkat yang bersifat “re-entry” bagi lulusan baru serta pelatihan bersifat “re-fresh” bagi alumni yang telah meninggalkan bangku kuliah bertahun-tahun lalu. Rencana ini mengemuka saat muncul pertanyaan dari alumni tentang adanya kebimbangan mengimplementasikan ilmu perencanaan yang diperoleh saat kuliah dalam dunia nyata. Hal ini sangat wajar mengingat dunia kuliah di perguruan tinggi tentu memiliki iklim dan suasana bekerja yang berbeda dengan dunia kerja. Namun apakah kedua hal ini sangat terpisah dan tak bisa dijembatani? Tentu saja tidak.

Pelatihan merupakan salah satu cara untuk peningkatan kapasitas yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan re-entry dan re-fresh bagi para alumni. Pelatihan yang didesain dengan kompetensi tertentu dapat menjadi salah satu pilihan forum yang bersifat akademis sekaligus menyentuh dunia praksis. Sistem KSA (Knowledge, Skill, Attitude) dari suatu pelatihan diharapkan dapat menggali pengetahuan, ketrampilan sekaligus menyentuh perubahan-perubahan sikap yang penting menghubungkan keilmuan dunia kampus dengan ketrampilan praksis di dunia kerja.

Pelatihan re-entry diharapkan dapat melibatkan para profesional dalam dunia kerja yang memberikan diskusi dan wacana dunia perencanaan terkini, isu hangat, serta pembahasan rutinitas pekerjaan. Pembahasan intensif tentang permasalahan riil pekerjaan pastinya menjadi inti pelatihan ini.

Lebih jauh, bertemunya alumni MPKD dalam suatu rancangan pelatihan bersifat re-fresh tentu sangat baik sebagai suatu forum pengembangan diri para alumni. Ajang tersebut dapat digunakan sebagai sarana pertukaran pengalaman, lesson learned dari berbagai permasalahan di daerah serta menyegarkan kembali ingatan terhadap perkembangan yang terjadi dalam ilmu-ilmu perencana. Lebih penting lagi adalah membuka forum belajar tentang proses lahirnya suatu ide, pengembangan konsep, bagaimana memobilisasi dukungan (terutama dana dan politis) serta implementasi-implementasi lapangan.

Demikianlah, Program Pelatihan MPKD UGM akan mencoba untuk menawarkan wacana pelatihan re-entry dan re-fresh bagi para alumni MPKD. Diskusi lebih jauh tentang bagaimana hal ini dapat terlaksana dengan baik tentunya sangat diperlukan.

Gambar diambil dari:

http://mpkd27ugm.multiply.com

About MPKDUGM

Program Pelatihan-Magister Perencanaan Kota dan Daerah merupakan wujud pendewasaan Magister Perencanaan Kota dan Daerah Universitas Gadjah Mada dalam memberikan kontribusi akademis pada masyarakat perencana di Indonesia dalam bentuk pendidikan perencanaan singkat (pelatihan-pelatihan).
This entry was posted in Artikel dan Informasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s