Banker to The Poor

bankertothepoor.jpg

BUKU: BANKER TO THE POOR
Micro Lending and The Battle Against World Poverty

Sebuah buku yang ditulis oleh Muhammad Yunus, peraih penghargaan nobel perdamaian pada tahun 2006. Buku ini berkisah tentang perjuangan penulis dalam mendirikan institusi perbankan yang berhasil mengentaskan masyarakat miskin di Bangladesh dan Pakistan yang diungkapkan dengan gaya novel yang menarik dan membuat pembaca tidak merasa digurui dengan berbagai teori ekonomi untuk pemberantasan kemiskinan. Pembaca buku ini akan tertarik untuk terus membaca hingga selesai.

Tujuan Grameen Bank yang diprakartasai oleh penulis adalah pengentasan kemiskinan dengan sistem perbankan. Grameen Bank dengan berani mengambil pasar masyarakat miskin yang tidak pernah dilirik oleh bank lain karena dianggap tidak menguntungkan. Namun dengan inovasi perbankan (misalnya dengan memotong biaya untuk proses perbankan, menghilangkan ”kenyamanan” yang tidak perlu) secara signifikan dapat berimbas pada biaya kredit untuk masyarakat miskin. Pemahaman sosial budaya untuk mengarahkan kredit untuk kelompok wanita juga dirasa sangat berpengaruh dalam perkembangan Grameen Bank. Selanjutnya bank kaum miskin ini selalu dapat meraih break even point-nya dan bahkan mampu meraih berbagai penghargaan.

Akses yang mudah terhadap perbankan oleh masyarakat miskin sering didiskusikan dalam pelatihan Local Economic Development sebagai salah satu wacana pengentasan kemiskinan sekaligus pembangunan ekonomi masyarakat. Diskusi implementasi konsep Grameen Bank memang telah lama dimulai di Indonesia. Seperti yang dirintis oleh koperasi-koperasi, LP3ES, Rumah Zakat dalam memberikan kredit mikro atau Karya Usaha Mandiri yang berkembang di Bogor sejak 1989 lalu. Namun bagaimanakah kelanjutan dari usaha tersebut? Lesson learned apa yang dapat diperoleh dari usaha-usaha tersebut jika dibandingkan dengan rintisan Grameen Bank? 

Buku versi bahasa Inggris tersedia di perpustakaan MPKD-UGM sedangkan versi bahasa indonesianya sudah terbit berjudul “Bank Kaum Miskin” dapat diperoleh di toko buku sekitar anda dengan harga Rp. 56.000,-

Gambar diambil dari:
http://www.getrichslowly.org/blog/2007/09/25/banker-to-the-poor-micro-lending-and-the-battle-against-world-poverty/
http://marjinkiri.com/books/yunusbank.htm

Baca juga:
http://en.wikipedia.org/wiki/Grameen_Bank
http://blog.grameenfoundation.org/
http://thebankwatch.com/2006/11/26/book-review-banker-to-the-poor-yunus/

About MPKDUGM

Program Pelatihan-Magister Perencanaan Kota dan Daerah merupakan wujud pendewasaan Magister Perencanaan Kota dan Daerah Universitas Gadjah Mada dalam memberikan kontribusi akademis pada masyarakat perencana di Indonesia dalam bentuk pendidikan perencanaan singkat (pelatihan-pelatihan).
This entry was posted in Artikel dan Informasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s